Galian C di Desa Beringin Negara STM Hilir Rusak Parah Mengakibatkan Banjir dan Longsor

  • Whatsapp

Foto : Lokasi Galian C

 

Read More

 

DELI SERDANG – Pengoperasian alat – alat berat penggalian tanah galian c yang berada di Dusun IV Sinar Kemenangan Desa Beringin Negara, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang sudah sangat meresahkan dan disebut merusak lingkungan.

Puluhan truk berwarna kuning mengangkut hasil galian C setiap hari lalu lalang disepanjang jalan hingga menimbulkan kerusakan aspal jalan yang dipergunakan oleh masyarakat desa.

Puluhan truk-truk tersebut berjalan secara bergiliran hingga sangat mengganggu dan membahayakan pengendara sepeda motor sebagai pengguna jalan.

Salah seorang warga yang tinggal di STM Hilir yang tak mau menyebutkan namanya mengaku resah atas beroperasinya galian C tersebut.

“Kami sangat terganggu pak dengan adanya truk pengangkut hasil galian yang melintas arah ke desa kami,”ujar warga tersebut.

Debu yang ditimbulkan berakibat material tanah yang digali berjatuhan di sepanjang sehingga jalan licin dan terlihat sangat kotor.

“Apalagi kalau musim hujan pak,waduh sangat gawat membuat jalan menjadi sangat licin hingga sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan khususnya sepeda motor,”ujarnya dengan nada kesal.

Dijelaskanya,bahwa aktivitas galian c di daerah perbukitan sudah beroperasi sekian tahun lamanya dan menimbulkan kerusakan dampak lingkungan yang sangat parah.

Warga juga menuturkan bahwa para bos besar penambang galian C Ilegal tersebut sudah sangat banyak merusak lingkungan STM Hilir.

“Orang – orang bos besar penambang nih kalau satu sudah selesai pindah mereka pak ke tempat lain pak tanpa mempertanggungjawabkan kerusakan lingkungan yang mereka tinggali pak,” ujar warga tersebut.

Pantauan wartawan di lokasi Rabu , (13/12/2023) terlihat kerusakan lingkungan akibat galian C di Dusun IV Sinar Kemenangan Desa Negara Beringin itu sudah sangat parah.

Awak media konfirmasi kepada pengusaha yang berinisial “R” melalui pesan singkat WhatsApp belum menjawab pesan singkat wartawan tersebut.

Selanjutnya awak media konfirmasi kepada Kabid Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang melalui pesan singkat WhatsApp mengenai izin lingkungan hidup Galian C dan menjawab belum ada ijin.

“Setelah di cek, utk dokumen lingkungannya belum ada masuk permohonan sama kami,”ujar Kabid.

(Redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *